Zona Promo

dumaizone.com  
Jumat, 7 Agustus 2020  
 
 
DEPAN
 
 
 
Keindahan Air Terjun Putri Kayangan, Potensi Wisata Kampar yang Belum Tergarap
Dipostingkan pada 14 Juli 2020 | 10:19 WIB
 
Banyak potensi alam menarik nan mempesona yang kita jumpai berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Satu diantaranya adalah Air Terjun Putri Kayangan.

Keindahan alam alami yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, ini belum banyak diketahui khalayak. Bahkan, potensi alam ini belum tergarap menjadi sebuah destinasi wisata alam.

Air Terjun Putri Kayangan tidak kalah cantik dibanding dengan potensi alam air terjun yang berada di daerah lain, di luar Provinsi Riau. Bila potensi alam semulajadi ini digarap dengan baik, tentunya akan menjadi salah satu tujuan wisata andalan di daerah ini.

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Putri Kayangan ini butuh perjuangan dan nyali yang tak pantang menyerah. Pasalnya, dari Desa Tanjung ini pengunjung harus naik sampan boat dan jalan kaki menyusuri jalan setapak di pinggir hutan dan pinggiran sungai yang berbatu.

"Cukup sulit memang untuk bisa sampai ke air terjun ini, tapi itu menjadi asyik dan menantang," ujar DR. Martius, M.Hum, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Sebagai warga Pekanbaru asal Kabupaten Kampar, dia pun baru pertama kali pergi malala ke air terjun ini. Terobati rasa penasarannya yang selama ini mendengar cerita orang-orang tentang keindahan Air Terjun Putri Kayangan.

Menikmati suasana liburan baru-baru ini, Martius dan keluarga besarnya akhirnya bisa merasakan bening dan dinginnya air terjun yang masih asri ini. Dia pun tak menafikan cerita orang-orang tentang keindahan suasana alam air terjun ini.

Menurutnya, tidak hanya keindahan air terjun yang patut diacungin jempol, tapi keindahan alam sekitar dan sepanjang sungai membuatnya bedecak kagum akan keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa.

"Saat naik boat menyusuri sungai, kita bisa menyaksikan keindahan alam hutan asli sepanjang sungai. Selama dalam perjalanan menyusuri sungai, serasa kita berada di Sungai Amazon," kata Suami Erni Tati ini kepada melalak.net, kemarin.

Martius menceritakan bahwa ada empat lokasi air terjun yang bisa dijumpai sebelum sampai ke lokasi Air Terjun Putri Kayangan. Dari beberapa air terjun itu, Air Terjun Putri Kayangan yang paling besar. Disanalah banyak pengunjung untuk mandi-mandi.

Air Terjun Putri Kayangan yang berada di wilayah Desa Tanjung ini berjarak 4 atau 5 kilometer dari Desa Muara Takus. Sementara dari Kota Pekanbaru menuju Muara Takus mencapai jarak 135 kilometer.

Bila kita dari Kota Pekanbaru, kita akan menelusuri Jalan Riau-Sumatera Barat melewati Danau Bingkuang, Air Tiris, Bangkinang, Kuok, Rantau Berangin, dan terus belok kiri. Sesampai di Desa Muara Mahat, belok kanan menuju Muara Takus. Sementara belok kiri merupakan jalan terus menuju Sumbar.

Dari Desa Muara Takus kita menelusuri jalan menuju Desa Tanjung, yang melewati wilayah Gunung Bongsu. Sesampai di Desa Tanjung terus menuju Kantor Camat Koto Kampar Hulu.

Kendaraan parkir dekat Kantor Camat untuk terus melanjutkan perjalanan dengan angkutan sungai, sampan boat, menelusuri Sungai Kopu selama lebih kurang setengah jam perjalanan.

Sampan boat berisi muatan lebih kurang delapan orang ini selalu tersedia untuk dicarter bagi pengunjung yang ingin pergi ke lokasi Air Terjun Putri Kayangan.

Sesampai di muara sungai, petualangan berlanjut dengan jalan kaki selama lebih kurang 20-30 menit menelusuri hutan dan pinggiran sungai yang berbatu. Hingga akhirnya sampai di lokasi tujuan.

Puas basah-basahan bermain air, pengunjung dapat istirahat sambil mengisi perut yang kosong di sekitar pinggiran sungai. Bagi yang tak sempat bawa bekal, tak usah khawatir. Di lokasi ini ada sebuah dangau-dangau yang menyediakan makanan siap saji, serta aneka minuman.

Martius sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Provinsi Riau untuk mengalokasikan anggaran demi mengembangkan potensi wisata alam yang belum tergarap secara serius, yang tentunya banyak terdapat di Bumi Sarimadu, Kabupaten Kampar.

"Bila potensi wisata alam ini dikelola dengan baik, maka jelas akan berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

Kenapa air terjun ini disebut Air Terjun Putri Kayangan? Bila Anda penasaran, ayo kita berpetualang ke sana!***(melalak.net)

 
 
 
 
 





 
 
 
 
Muhammad Said Didu
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com