Zona Promo

dumaizone.com  
Jumat, 7 Agustus 2020  
 
 
DEPAN
 
 
 
Puas-puas Main Air di Objek Wisata Kapalo Banda Taram, Sumatera Barat
Dipostingkan pada 24 Juli 2020 | 10:09 WIB
 
Sebelum masuk pondok sebagai santri baru di Madrasyah Al Huffazh binaan Ustadz Zulkifli Muhammad Ali, si Kakak Syaza Ulya minta diajak jalan-jalan dulu di sekitar Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.


Dari tempat tinggal kami di Kota Dumai, Provinsi Riau, kami sekeluarga tidak langsung menuju Kota Payakumbuh. Kami singgah dulu bermalam di kampung halaman.

Jadwal si kakak yang akrab disapa Izzah masuk pondok pada hari Sabtu sekira pukul 10.00 WIB. Karenanya, sehari sebelumnya kami sudah bertekad sudah berada di sekitaran Payakumbuh.

Pagi Jumat kami berangkat dari kampung Dusun Sungai Betung, Desa Pulau Jambu, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lebih kurang dua hingga tiga jam perjalanan, kami sampai di Payakumbuh. Setelah siang, kami pun menunaikan janji untuk mengajak Syaza Ulya jalan-jalan.

Destinasi wisata yang sudah duluan populer di daerah ini adalah air terjun Lembah Harau. Namun, lokasi wisata ini sudah pernah kami jajal. Makanya kami mencari lokasi lain. Pilihanya jatuh untuk bermain air di Kapalo Banda. Lokasi ini sudah lama ada, tapi baru sekarang diminati pengunjung.

Kapola Banda adalah danau irigasi yang berada di Desa Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Fungsinya untuk mengairi sawah masyarakat. Lokasi ini kini mulai ramai dikunjungi warga Sumatera Barat, maupun dari luar. Bahkan, lokasi ini mulai disebut sebagai objek wisata potensial di masa mendatang.

Berjarak 15,1 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh, Kapalo Banda dapat ditempuh selama 30 menit melalui Jalan Rangkayo Rasuna Said. Bisa juga masuk dari Jalan Sutan Syahril atau dari Jalan Imam Bonjol.

Melihat beningnya air, Syaza Ulya dan si adik Sakeena Delisha Yus tak sabaran ingin nyebur. Benar sekali. Setelah menemukan lokasi yang pas untuk bermain air, kakak dan adik langsung masuk ke sungai dangkal yang penuh bebatuan.

Bermain air sangat digemari anak-anak. Di Kapalo Banda ini kita tak perlu khawatir dengan keselamatan anak-anak. Sungai yang dangkal tidak akan membuat anak-anak tenggelam.

Sambil menikmati makanan siap saji, serta segelas kopi atau minuman panas dan dingin lainnya, kita bisa mengawasi anak-anak bermain air dari jarak jauh.

Di sepanjang pingiran sungai yang mengairi danau buatan Kapalo Banda memang berjejer warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung.

Di atas gazebo bambu yang disediakan pemilik warung, kita dengan nyaman menikmati makanan dan minuman sambil mengawasi anak-anak mandi-mandi bermain air.

Sembari menghirup segelas kopi panas, kita dapat menyaksikan indahnya alam di sekitar Kapalo Banda. Air yang jernih mangalir di atas bebatuan kecil, pepohonan dan bukit-bukut nan menghijau membuat hati jadi tentram.

Selain puas-puas main air, anak-anak juga bisa menjajal naik rakit bambu yang disewakan untuk mengelilingi sekitar danau.

Hanya kedinginanlah yang membuat anak-anak untuk mengakhiri main air. Usai main air, anak-anak pun minta jajan untuk menyantap makanan siap saji, serta aneka minuman yang tersedia di warung-warung.

"Dingin…. Dah puas dah," ujar Izzah dan si adik, yang telah menggigil kedinginan.

Keseruan bermain air pun berakhir. Namun, kami masih punya waktu pada sore dan malam harinya, sebelum mengantarkan Syaza Ulya ke pondok besok paginya. Kami pun memilih untuk menghabiskan waktu di Kota Wisata Bukittinggi.***(melalak.net/Yusnaidi Abdullah)











 
 
 
 
 





 
 
 
 
Muhammad Said Didu
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com