Zona Promo

dumaizone.com  
Minggu, 17 Desember 2017  
 
 
DEPAN
 
 
 
Peranan Penting Ikan Tua Dalam Ekosistem Laut
Dipostingkan pada 19 September 2017 | 11:14 WIB
 
Seperti pohon tua di hutan, ikan tua di laut juga memainkan peran penting dalam keragaman dan stabilitas ekosistem di laut. Secara kritis, semakin panjang umur ikan yang hidup, maka semakin besar kemungkinan untuk bereproduksi sepanjang hidupnya dan hal itu sangat penting dalam kondisi lingkungan yang bervariasi.

Dilansir dari Sciencealert, sebuah studi baru oleh ilmuwan dari University of Washington telah menemukan fakta bawah lusinan populasi ikan tua di seluruh dunia sangat terkuras terutama akibat pemancingan yang dilakukan warga. Studi tersebut adalah studi pertama yang melaporkan bahwa ikan tua hilang di banyak populasi di seluruh dunia.

“Dari perspektif kami, stuktur usia yang lama memberi lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan kombinasi yang tepat mengenai kapan dan di mana harus bereproduksi,” ungkap pempimpin studi Lewis Barneet, peneliti postdoctoral UW di School of Aquatic and Fishery Science dan Joint Institute for the studi Atmosphere and Ocean.

Dalam bidang kehutanan, sebuah peternakan pohon dengan usia pohon 20 tahun sangat sehat dan produktif. Pohon raksasa dan tua memiliki sifat unik yang mendukung sejumlah spesies hewan dan tumbuhan lainnya dalam menghasilkan ekosistem yang lebih beragam dan tangguh, hal tersebut berlaku juga dalam bidang kelautan.

Barnett mengatakan kompleksitas usia yang lebih banyak di antara spesies lainnya dapat berkontribusi terhadap stabilitas keseluruhan sebuah komunitas. Penandaan ‘ikan tua’ sangat bervariasi dari spesies ke spesies lainnya tergantung pada sejarah kehidupannya.

Sebagai contoh beberapa jenis rockfish dapat hidup sampai 200 tahun, sementara herring hidup melewati usia 10 tahun. Setelah telur ikan berada pada tempat penetasannya, banyak faktor yang harus selaras agar anak ikan sehat dan menetas serta tumbuh dewasa dengan ukuran umumnya.

Lingkungan laut yang sangat bervariasi membuat spesies yang hidup di dalamnya dapat menempuh 1 dekade penuh untuk terus berkembang biak. Ikan yang lebih tua dalam populasi memiliki lebih banyak tahun untuk sukses menghasilkan telur.

"Di dunia kelautan, tingkat kesuksesan memproduksi ikan bayi baru sangat bervariasi. Saya menganggap ikan tua sebagai polis asuransi, mereka membawa Anda melewati periode reproduksi buruk dengan memproduksi telur secara konsisten,” ungkap rekan penulis studi Trevor Branch, seorang profesor ilmu air dan perikanan dari University of Washington.

Selain memiliki lebih banyak kesempatan untuk bereproduksi, ikan yang lebih tua juga berperilaku berbeda dari ikan yang lebih muda. Seiring bertambahnya usia, beberapa ikan mengubah apa yang mereka makan dan mengubah tempat tinggal mereka.

Ikan yang lebih tua juga mengambil peran berbeda dalam jaringan makanan laut. Terkadang ikan yang lebih tua menjadi pemangsa yang lebih dominan seiring bertambahnya usia dan mungkin akan menjadi lebih dominan lagi.
“Ikan besar banyak berbeda dengan ikan yang lebih kecil. Dengan perbedaan tersebut, mereka bertindak sebagai perlindungan terhadap risiko dan membantu menstabilkan sedikit sistem yang ada,” ungkap Tim Essington, seorang profesor ilmu air dan perikanan di University of Washington.

Dalam penelitian yang mereka lakukan terhadap 63 populasi yang tinggal di lima wilayah laut di seluruh dunia, mereka menemukan bahwa proporsi ikan di kelas tertua telah menurun secara signifikan. Penurunan tersebut mulai dari 79 sampai 97 persen populasi, dibandingkan dengan tren penangkapan ikan historis atau angka yang tidak selesai.

Besarnya penurunan lebih besar dari 90 persen pada 32 sampai 41 persen kelompok. Peneliti mengatakan penurunan tersebut terutama disebabkan tekanan penangkapan ikan atau pemancingan.***(okz)

 
 
 
 
 





 
 
 
 
Susi Pudjiastuti
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
15 Juli 2011 | 19:57 WIB
Anda butuh penyambungan baru listrik, hubungi kami biro instalasi Cahaya Riau Abadi di nomor HP 085265260272. ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com