Zona Promo

dumaizone.com  
Minggu, 17 Desember 2017  
 
 
DEPAN
 
 
 
6 Tips Hidup Sehat Mencontoh Rasulullah SAW
2 Desember 2017 | 16:44 WIB
 
NABI Muhammad SAW banyak mengajarkan kepada umat manusia dalam hal kebaikan. Mulai dari etika saat makan sampai tips yang bisa diikuti guna memperoleh hidup yang sehat. Mekipun beliau dulunya tinggal di padang pasir yang panas namun tak menjauhkannya dari pola hidup sehat.

Dikutip dari Healthfitnessrevolution, banyak wawasan di dalam Al-Qur’an tentang bagaimana menjalani hidup alami dan sehat ala Rasulullah. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan sebagai teladan kepada Nabi Muhammad SAW.

Olahraga

Dalam Islam, olahraga dianggap penting untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat. Olahraga seperti memanah, berenang, menunggang kuda sangat dianjurkan. Rasulullah berkata orang beriman yang kuat lebih baik dihadapan Allah karena mereka lebih aktif dan enerjik dalam ibadah dan membantu orang lain.

Tidur

Rasulullah merekomendasikan tidur yang cukup. Beliau tidak pernah membiasakan diri untuk berlebihan atau kekurangan waktu tidur. Ia juga menyarankan tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal untuk membantu menjaga berat badan, tetap sehat, produktif, dan menghindari penyakit serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Puasa

Bukti terbaru menyebutkan bahwa puasa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Puasa yang dilakukan Nabi Muhammad tidak hanya saat Ramadan tapi juga pada hari Senin, Kamis, tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Islam. Puasa terputus-putus semakin popular belakangan ini karena dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sensivitas insulin, mempercepat metabolisme, memperbaiki pola makan, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebersihan Gigi

Nabi Muhammad SAW selalu menyikat giginya sebelum dan sesudah tidur menggunakan bagian dari cabang harum yang disebut arak. Menurut penelitian dari Scottish Health Survey menunjukkan bahwa kesehatan gigi yang buruk menyebabkan 70% risiko penyakit jantung. Untuk itu, rajin-rajinlah menyikat gigi seperti yang diajarkan Rasulullah.

Makan Bersama

Makan secara bersama-sama sangat penting karena dapat membantu Anda mengurangi makan berlebih. Orang yang terbiasa makan bersama akan merasakan kebersamaan dan pengertian antarmanusia. Menurut penelitian dalam 20 tahun terakhir, makan bersama dapat mengurangi masalah pada berat badan, mengatasi masalah makan, dan mengurangi pemikiran cemas tentang tubuh.

Tahan Emosi

Sebagai masyarakat era modern, kita sering kali cepat merasa kesal terhadap suatu hal. Rasulullah pun mengajarkan kita untuk mengendalikan emosi. Nabi menyebutkan dalam hadisnya, “Orang yang berkuasa bukanlah orang yang bisa bergulat, tapi orang berkuasa adalah yang dapat mengendalikan dirinya dari kemarahan. Kemarahan akan membuka semua peluang penyakit seperti terkena stroke, risiko penyakit hati yang besar, dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.***(okz)

 
 
 
 
 





 
 
 
 
Susi Pudjiastuti
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
15 Juli 2011 | 19:57 WIB
Anda butuh penyambungan baru listrik, hubungi kami biro instalasi Cahaya Riau Abadi di nomor HP 085265260272. ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com