Zona Promo

dumaizone.com  
Minggu, 17 Desember 2017  
 
 
DEPAN
 
 
 
Puluhan Wartawan Riau Ikuti Pelatihan Menulis Berita Bahasa Inggris LKBN Antara
2 Desember 2017 | 17:01 WIB
 
Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara Biro Riau menggelar pelatihan menulis berita dalam bahasa Inggris dengan diikuti oleh pulahan wartawan di Provinsi Riau, Sabtu (2/12).

Puluhan wartawan terdiri dari media elektronik televisi, radio, cetak, dan online menghadirinya di Hotel Premier Pekanbaru. Pelatihan ini diberikan oleh dua orang yang sudah berpengalaman dalam penulisan berita bahasa Inggris.

Pertama Rahmad Nasution yang merupakan Manajer Berita Bahasa Inggris di LKBN Antara. Kedua Teguh Rachmanto yang telah berpengalaman menjadi jurnalis di luar negeri diantaranya di New York, Amerika Serikat yakni Businessweek dan Newsweek, dan juga merupakan pendiri dokterdigital.com.

Kepala Biro LKBN Antara Biro Riau, Maswandi menyampaikan Rivera saat ini penting untuk mempunyai kemampuan bahasa asing, paling tidak Bahasa Inggris. Khusus untuk media online di internet bisa mencapai semua belahan dunia.

"Tapi tidak banyak yang membuat dan menulis berita Inggris, sementara Riau punya sumber daya alam dan energi yang sering tersentuh isu lingkungan. Diharapkan agar jurnalis di Riau juag mampu berakselerasi dalam isu lingkungan," ujarnya.

Atas dasar itulah, lanjutnya Antara termotivasi untuk mengadakan pelatihan menulis dalam bahasa Inggris ini, khususnya dalam isu lingkungan. Diharapkan melalui pelatihan peserta bisa mengikuti dengan tuntas karena sangat berguna bagi jurnalis di Riau.

"Karena ini yang pertama di Riau dan kami berharap media lainnya bisa menyelenggarakan hal serupa," sambungnya.

Selain meningkatkan kemampuan jurnalis, dengan menulis berita bahasa Inggris juga bisa meningkatkan pembaca. Untuk media daring, tentu juga berguna bagi ranking dalam situs pemeringkat atau bisa dapat iklan sehingga media bisa bertahan.

Kegiatan ini didukung oleh Perusahaan Bubur Kertas PT Andalan Pulp and Paper (RAPP) dari Grup APRIL dan Perusahaan Migas PT Chevron Pasific Indonesia. Perwakilan perusahaan Deputy of communication RAPP, Indra Adrianto menyampaikan bahwa hubungan perusahaan dan media sangat penting.

"Kami dari perusahaan menginginkan jurnalis yang punya kompeten, tidak instan, dan tidak tahu kaidah jurnalistik. Perusahaan konsen pada perkembangan media mendukung acara agar bisa memberikan informasi yang benar sebagai ujung tombak berita," ucapnya.

Terkait pelatihan penulisan dengan bahasa Inggris, pihaknya sangat mendukung. Diharapkan media di Riau bisa bersaing secara global dengan media luar dengan adanya produksi berita berbahasa Inggris.***(ant)

 
 
 
 
 





 
 
 
 
Susi Pudjiastuti
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
15 Juli 2011 | 19:57 WIB
Anda butuh penyambungan baru listrik, hubungi kami biro instalasi Cahaya Riau Abadi di nomor HP 085265260272. ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com