Zona Promo

dumaizone.com  
Jumat, 14 Desember 2018  
 
 
DEPAN
 
 
 
Dongkrak Kredit UMKM, Definisi UMKM Perlu Diperjelas
8 Maret 2018 | 08:59 WIB
 
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) mengakui belum semua pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapat akses pembiayaan perbankan. Namun, definisi pelaku UMKM pun dinilai perlu diperjelas.

Direktur Konsumer Banking BTN Budi Satria mengaku sependapat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang ingin terus meningkatkan rasio kredit UMKM di Tanah Air. Dengan jumlah pelaku usaha yang sangat besar, UMKM sudah terbukti mampu menjadi penopang perekonomian nasional termasuk pada masa krisis.

"Oleh sebab itu, semua pihak saat ini tentu harus menyatukan langkah untuk mendukung visi tersebut. Pertama, dengan mendefinisikan apa itu pelaku UMKM dan kriterianya," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (7/3/2018).

Pasalnya, lanjut Budi, saat ini kriteria pelaku UMKM, penetapan omzet, dan lainnya masih berbeda-beda.

"Dengan definisi yang pasti dan seragam, maka upaya-upaya bersama untuk memberdayakan UMKM nasional maupun mencari pola-pola pembiayaan yang tepat bagi mereka akan lebih berhasil bagi pengembangan ekonomi nasional," terangnya.

Budi mengakui hingga saat ini porsi kredit UMKM BTN masih minim, yakni di bawah 10%. Hal ini turut dipengaruhi oleh fokus bisnis perseroan yang ada di sektor pembiayaan perumahan.

Selain itu, saat ini BTN masih fokus pada upaya pemenuhan target Satu Juta Rumah yang juga dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

"Walaupun begitu. tahun ini kami sudah mulai aktif dalam pemberian pinjaman dengan pola KUR dan kredit mikro lainnya," ujarnya.

Adapun target penyaluran KUR Bank BTN pada 2018 mencapai Rp276 miliar. Target ini terbagi dalam dua jenis kelompok KUR yakni Rp270 miliar untuk KUR Ritel dan sisanya untuk KUR Mikro.

Dalam Sidang Dewan Pleno II dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 2018 di Tangerang, Rabu (7/3), Jokowi menyampaikan keinginannya agar porsi kredit UMKM naik hingga di atas 30% dari total penyaluran kredit perbankan di Indonesia. Kepala Negara mencatat saat ini porsinya hanya sekitar 20% dari total penyaluran kredit.

Angka itu dinilai masih sangat kecil jika dibandingkan dengan kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja lokal.***(bisnis.com)


 
 
 
 
 





 
 
 
 
Idrus Marham
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
15 Juli 2011 | 19:57 WIB
Anda butuh penyambungan baru listrik, hubungi kami biro instalasi Cahaya Riau Abadi di nomor HP 085265260272. ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com