Zona Promo

dumaizone.com  
Sabtu, 4 Juli 2020  
 
 
DEPAN
 
 
 
Muhammadiyah Dumai Diminta Bekerja Ekstra Keras
12 Januari 2020 | 21:16 WIB
 
Standar kinerja kepengurusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Dumai dinilai tidak sama dengan kepengurusan Muhammadiyah daerah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. Pasalnya, Kota Dumai berada di jalur strategis berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

“Dumai itu tidak memandang ke arah darat, tapi memandang ke arah laut. Di depan Dumai itu ada Malaysia dan depan ujung lagi ada Singapura. Maka standar pimpinan Muhammadiyah Dumai harus benar-benar mengikuti standar kepengurusan luar negeri. Karena standarnya luar negeri, maka kerja kepengurusan Muhammadiyah Dumai harus kerja ekstra keras,” kata DR. H. Sahidul Amin, MA, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Riau, Sabtu (11/1).

Dia mengatakan hal itu pada puncak kegiatan peringatan milad ke-107 Muhammadiyah di Kota Dumai. Puncak kegiatan milad Muhammadiyah tingkat Kota Dumai diisi dengan kegiatan pawai ta’ruf dan tabligh akbar. Pada kesempatan itu juga digelar penyerahan hadiah bagi para pemenang yang mengikuti berbagai lomba tingkat TK, SD, SMP, dan SMA, yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten I Setdako Dumai Hamdan Kamal yang mewakili Wali Kota Dumai. Selain itu, ikut hadir perwakilan Kapolres Dumai dan perwakilan Dandim Dumai, perwakilan DPRD Dumai, Ketua KPU Dumai Darwis, anggota DPRD Riau Sunaryo, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Dumai Syawir Kasim beserta jajaran kepengurusan hingga ke tingkat ranting dan Ortom, majlis guru dan para pelajar sekolah Muhammadiyah se-Kota Dumai.

Menurut Sahidul Amin, di Kota Dumai sudah ada sekolah dari tingkat PAUD, TK, hingga ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Tinggal lagi pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi. Namun, menurutnya, sebelum itu ada satu lumbung penghasil kader Muhammadiyah yang mesti diwujudkan lebih dahulu, yaitu Pondok Pesantren Muhammadiyah, yang hingga kini belum ada di Kota Dumai.

“Saat ini, banyak orang Malaysia dan Singapura yang mengirim anaknya ke pondok di Jawa. Bahkan, ada juga ke Pekanbaru. Ke depan, Muhammadiyah Dumai harus berpikir bagaimana mendirikan Pondok Pesantren, yang santri-santrinya dari Malaysia dan Singapura. Di negara ini pengurus Muhammadiyahnya sudah maju dan bahkan punya perguruan tinggi. Namun, untuk mendirikan pondok bagi mereka tidaklah semudah di sini.”

Dia menegaskan, pengurus Muhammadiyah Dumai diharapkan bisa berkunjung dan menjalin komunikasi dengan pengurus Muhammadiyah di Malaysia dan Singapura. Dengan membuka komunikasi, maka akan banyak terbuka peluang kerjasama. Baik di bidang pendidikan, dakwah, maupun bidang lainnya. Pengurus Muhammadiyah di Malaysia dan Singapura sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan Muhammadiyah di Riau.

Muhammadiyah perlu meningkatkann kwalitas dalam segala bidang kegiatan, terlebih lagi bidang pendidikan. Muhammadiyah Riau sudah menjalin kesepakatan dengan perguruan tinggi di Perlis, Malaysia. Dimana perguruan tinggi ini menyetujui untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak Riau sebanyak 20 orang setiap tahunnya.

“Namun, ada kendala bagi Riau hingga kini belum bisa meraih beasiswa tersebut. Di perguruan tinggi tersebut ada lima Fakultas. Satu Fakultas memakai bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Sedangkan empat Fakultas lagi memakai bahasa Inggris sebagai pengantar. Standar kemanpuan bahasa di sini belum terpenuhi oleh anak-anak Riau saat ini,” kata dia.

Karena itu, Sahidul Amin mengingatkan kembali agar pendidikan Muhammadiyah harus terus ditingkatkan, sehingga standarnya mengikuti standar pendidikan luar negeri. Bila tidak demikian, maka pendidikan Muhammadiyah akan jauh tertinggal dan tak mampu memanfaatkan peluang program beasiswa dari luar negeri.***(dumaizone/yus)


 
 
 
 
 





 
 
 
 
Elga Naldy
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com