Zona Promo

dumaizone.com  
Sabtu, 30 Mai 2020  
 
 
DEPAN
 
 
 
Riau Waspadai Gangguan Pasokan Pangan Saat Wabah dan Jelang Lebaran
14 Mai 2020 | 21:25 WIB
 
Pemprov Riau memastikan pasokan pangan tidak terganggu menjelang Idul Fitri 1441 H dan saat pandemi COVID-19.

Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, di Pekanbaru, Kamis, mengatakan dalam mencegah kemungkinan krisis pangan akibat wabah, Pemprov Riau telah melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Kondisi-kondisi seperti itu harus benar-benar kita perhatikan dan harus kita jaga agar pasokan tetap stabil," kata Edi Natar.

Ia mengatakan Pemprov Riau juga membuat kebijakan yaitu memanfaatkan lahan kosong untuk tanaman pangan. Dengan begitu, Riau diharapkan tidak lagi terlalu ketergantungan pasokan dari luar provinsi.

"Upaya ini tentunya membantu agar tetap memproduksi sehingga kesediaan pangan tetap aman," katanya.

Ia mengatakan kebijakan pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian diharapkan bisa segera dilaksanakan oleh bupati dan wali kota di seluruh Riau. Wagub Riau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pemanfaatan lahan kosong di daerah masing-masing juga telah diinstruksikan Gubernur Riau.

"Meskipun Riau pangannya relatif aman, Gubernur Riau juga telah melakukan gerakan menanam untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menginstruksikan seluruh kepala daerah di Riau agar memanfaatkan lahan kosong," ujarnya.

Riau hingga kini masih ketergantungan bahan pangan dari daerah lain seperti dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jawa. Untuk kebutuhan pangan berupa beras, produksi komoditas itu di Riau hanya bisa memenuhi sekitar 30 persen dari kebutuhan warganya.

Lahan pertanian di Riau tidak terlalu luas karena kondisi geografis yang sebagian besar lahan gambut dan juga tingginya alih fungsi lahan pertanian jadi perkebunan kelapa sawit.***(antara)
 
 
 
 
 





 
 
 
 
Elga Naldy
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com