Zona Promo

dumaizone.com  
Sabtu, 30 Mai 2020  
 
 
DEPAN
 
 
 
Perlu Pengendalian Ketersediaan Bahan Pangan untuk Tekan Inflasi
19 Mai 2020 | 21:39 WIB
 
Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi mengungkapkan perlu adanya pengendalian terhadap ketersediaan bahan pangan untuk menekan inflasi Bumi Lancang Kuning.

Hal tersebut, disampaikan Syahrial dalam konfrensi pers usai pengumuman informasi terkait perkembangan virus corona (covid-19) di Provinsi Riau, Senin (18/5/2020) sore, di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

"Tadi sudah berlangsung video conference dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), ada asumsi bahwa perlu dilakukan pengendalian terhadap ketersediaan bahan pangan untuk menekan terjadinya inflasi, kata Syahrial Abdi.

"Oleh karena itu, pertemuan intens yang dilakukan TPID merupakan bentuk evaluasi dari hari ke hari, kemudian pencermatan baru karena daerah kita, sumber pangannya dari provinsi tetangga. Oleh karena igu, yang perlu dipastikan adalah menjaga kepastian dari rantai distribusi logistik," tambahnya.

Selain itu, kata Syahrial, TPID juga mencermati kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi terbaru dari suku bunga yang turut berpengaruh terhadap kenaikan inflasi.

Sbelumnya, dalam pertemuan dengan TPID yang digelar di Balai Serindit, Gedung Daerah Senin (18/5/20), Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Riau Teguh Setiadi mengatakan bahwa penyumbang terbesar inflasi Riau bersasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Lebih rinci, ia menyebut bahwa komoditas cabai merah, bawang merah, daging ayam ras, telur ayam ras dan beras menjadi komoditas penyumbang terbesar inflasi.

"Adapun rincian komoditas utama penyumbang inflasi tersebut yakni beras 3,93 persen, cabai merah 1,19 persen, daging ayam ras 0,95 persen, telur ayam ras 0,87 persen dan bawang merah 0,60 persen," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan, Provinsi Riau masih bergantung kepada daerah lain.

"Misalnya beras, kata Teguh, Riau masih bergantung kepada Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.***(MCR)
 
 
 
 
 





 
 
 
 
Elga Naldy
 
 
 
 
Ragam Info  
 
 
21 Januari 2013 | 10:03 WIB
Percayakan asuransi Anda pada AJB Bumiputra 1912. Info lebih lanjut hubungi Marketing Dumai Sri Susilawati, SH di nomor 085271972633. Kami memberikan ....

 
17 Desember 2010 | 15:20 WIB
AMAZONE MULTIJASA memberikan pelayanan dalam pembuatan stempel, kartu undangan, kartu nama, photocopy, jilid, stiker, advertising, neon box, spanduk, ....

 
21 Oktober 2010 | 21:45 WIB
Jika Anda ingin menjual barang: mobil, sepeda motor, tanah, rumah, dan lainnya, kirimkan foto dan keterangan barang, serta harga yang ditawarkan ke du ....

 
 
© 2009 dumaizone.com